Sekretariat

Ir. Rita Dinar Tiurmaida, MP
NIP. 19640907003 2007

Sekretaris Disperin

Hj. Agni Kasmaranwati, S.Sos
NIPs. 19690505 199803 2 005

Kepala Sub Bagian Perencanaan Program dan Keuangan

Rosyana, S.Sos
NIPs. 19791019 200701 2 010

Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

GALERI KEGIATAN

Sekretariat




Sekretariat

Tugas Pokok dan Fungsi


  1. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan koordinasi penyusunan program, pengelolaan urusan keuangan, kepegawaian, rumah tangga kantor, perlengkapan, pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Dinas dan pengelolaan barang milik daerah serta evaluasi dan pelaporan.
  2. Sekretariat dipimpin oleh sekretaris yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas.
  3. Sekretariat membawahkan sub bagian yang dipimpin oleh kepala sub bagian dan bertanggungjawab langsung kepada sekretaris.

Untuk melaksanakan tugasnya, Sekretariat menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan kesekretariatan;
  2. pengoordinasian penyusunan dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah;
  3. pengoordinasian penyusunan dan pelaksanaan Rencana Kerja Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran;
  4. pelaksanaan dan pembinaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;
  5. pengelolaan urusan kehumasan, keprotokolan, kepustakaan, dan layanan informasi dan pengaduan ;
  6. pelaksanaan administrasi dan pembinaan kepegawaian;
  7. pengelolaan anggaran Dinas;
  8. pelaksanaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
  9. pelaksanaan verifikasi Surat Pertanggungjawaban keuangan;
  10. pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  11. fasilitasi penyusunan dan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Standar Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);
  12. pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat/pelanggan;
  13. pengelolaan pengaduan masyarakat sesuai tugas fungsi Dinas;
  14. pengelolaaninformasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Pembantu;
  15. pengoordinasian pengelolaan data, pengembangan sistem teknologi informasi/ aplikasi untuk aplikasi yang digunakan lintas bidang pada Dinas;
  16. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;
  17. pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan;
  18. pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sub Bagian Program dan Keuangan


Sub Bagian Program dan Keuangan mempunyai tugas:

  1. mengoordinir penyusunan dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Indikator Kinerja Utama, Rencana Strategis, Rencana Kerja, Rencana Kerja Tahunan, Penetapan Kinerja dan Laporan Kinerja);
  2. menyusun komitmen kinerja yang berkaitan dengan bidang tugasnya;
  3. melaksanakan verifikasi internal usulan perencanaan program dan kegiatan;
  4. melaksanakan supervisi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan bidang pada Dinas;
  5. mengoordinasikan pembangunan, pengembangan pemeliharaan aplikasi dengan bidang;
  6. melaksanakan pengamanan hardware maupun software terhadap aplikasi yang digunakan secara bersama lintas bidang di Dinas;
  7. melaksanakan pengamanan & kesinambungan data elektronik terhadap aplikasi yang digunakan secara bersama lintas bidang di Dinas;
  8. melaksanakan pengelolaan data dan dokumentasi pelaksanaan program dan kegiatan Dinas;
  9. menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan Dinas;
  10. menyusun rencana usulan kebutuhan anggaran keuangan;
  11. mengoordinir penyusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Perubahan Anggaran Dinas;
  12. meneliti kelengkapan dan verifikasi Surat Permintaan Pembayaran;
  13. melaksanakan sistem akuntansi pengelolaan keuangan Dinas;
  14. menyiapkan Surat Perintah Membayar;
  15. melaksanakan verifikasi dan rekonsiliasi harian atas penerimaan retribusi ;
  16. menyusun rekapitulasi penyerapan keuangan sebagai bahan evaluasi kinerja keuangan;
  17. menyusun neraca Dinas;
  18. mengoordinir dan meneliti anggaran perubahan Dinas;
  19. menyusun laporan keuangan Dinas
  20. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  21. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian


Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas:

  1. menyusun dan melaksanakan rencana program dan kegiatan sesuai bidang tugasnya;
  2. melaksanakan pelayanan administrasi umum dan ketatausahaan;
  3. mengelola tertib administrasi perkantoran dan kearsipan;
  4. melaksanakan tugas kehumasan dan keprotokolan;
  5. melaksanakan urusan rumah tangga, keamanan kantor dan mempersiapkan sarana prasarana kantor;
  6. menyusun rencana kebutuhan alat kantor, barang inventaris kantor/ rumah tangga;
  7. melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan Dinas;
  8. melaksanakan pengadaan, pemeliharaan sarana, prasarana kantor dan pengelolaan inventarisasi barang;
  9. menyelenggarakan administrasi kepegawaian;
  10. menyeleggarakan pengelolaan pelaporan dan evaluasi kinerja pegawai
  11. menyusun bahan pembinaan kedisiplinan pegawai;
  12. menyiapkan dan memproses usulan pendidikan dan pelatihan Pegawai;
  13. mempersiapkan penyelenggaraan bimbingan teknis tertentu dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai;
  14. mengelola informasi dan dokumentasi dan pelaksanaan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi pembantu;
  15. menyusun tatalaksana dan tata kelola penanganan pengaduan dan pemberian informasi;
  16. memfasilitasi bidang-bidang dalam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Standar Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);
  17. memfasilitasi pembinaan tatakelola pelayanan publik;
  18. menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya;
  19. melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan
  20. melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan/ pimpinan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Alamat Kami

Gedung Graha Ruhui Rahayu, Jl. Ir. H. Juanda No.81, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Telepon

(0541) 742159

Email

disperin@samarindakota.go.id